Sumber : TripAdvisor

Makanan Khas Balikpapan yang Wajib Dicoba, Dijamin Nagih!

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Untuk kamu yang mempunyai rencana ke Balikpapan, bisa meluangkan waktu dengan mencicipi makanan di bawah ini. Selain rasanya enak, sudah pasti tidak akan ditemukan di daerah kamu deh. Jadi bakalan nyesel sih, kalau nggak nyobain, berikut beberapa makanan khas Balikpapan yang wajib dicoba, dan dijamin nagih.

Bubur Gunting

Bubur gunting adalah makanan khas Balikpapan yang cukup terkenal. Tidak ada yang aneh dari bubur ini, rasanya yang manis dan gurih membuat ia menjadi primadona. Bubur ini terbuat dari tepung ketan, air daun suji, air kapur sirih, dan garam. Seperti namanya, bubur ini memang melalui proses pengguntingan.

Adonan bubur kemudian dibentuk memanjang dan digunting-gunting berbentuk serong. Setelah itu, adonan direbus bersama santan, gula merah, dan garam.

Pisang Gapit

Balikpapan yang juga terkenal dengan beragam olahan pisang ini, juga memiliki camilan dari pisang yaitu pisang gapit. Istilah nama pisang gapit diartikan pisang kejepit, olahan pisang ini sudah jarang ditemui lho..

Bahan baku dari pisang gapit ialah pisang gepok, pisangnya dibakar terlebih dahulu hingga matang sempurna, lalu disiram dengan kuah kecokelatan yang beraroma nangka.

Kepiting kenari khas balikpapan

Ada istilah belum ke Balikpapan jika belum mencoba olahan kepiting kenari yang lezat. Beragam macam olahan kepiting tersedia seperti, saus tiram, asam manis dan lada hitam. Kalau masalah rasa, tidak perlu diragukan lagi. Karena untuk kalian yang pecinta seafood terutama kepiting, bakalan dipuaskan dengan kepiting ini.

Nasi bakar isi seafood

Balikpapan yang kaya akan hasil laut, memanfaatkan hal tersebut dengan membuat sebuah olahan yang menggoda lidah yaitu nasi bakar seafood. Isi dari sebungkus nasi seafood ini adalah udang, kepiting, cumi, ikan dengan bumbu yang nikmat.

Roti mantau

Roti memang cocok untuk dijadikan menu untuk sarapan, berbeda dengan roti apa umumnya yang memiliki rasa manis. Roti matau memiliki rasa gurih diluarnya karena digoreng, namun dalam roti terasa lembut dan enak lho. Biasanya masyarakat Balikpapan memakan roti mantau dengan cara dicocol saus balado atau saus lada hitam.

Ketiga makanan ini dijamin bikin kamu ketagihan dan pengen balik lagi ke Balikpapan. Setelah puas mencicipi kuliner Balikpapan, mampir sebentar mencari oleh-oleh di outlet Gulung Janebora yang tersebar di Balikpapan yaa..

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Artikel Lainnya

Leave a Comment