nasi-bekepor-kalimantan

5 Kuliner Tenggarong Ini Wajib Kamu Cobain, Lho!

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Lagi berlibur ke Tenggarong Kalimantan Timur, tapi masih bingung soal kuliner khas-nya yang paling populer apa? Eits, tenang-tenang, di artikel kali ini admin bakal ngebahas 5 kuliner wajib Kalimantan Timur yang bisa kamu temuin di daerah Tenggarong dan sekitarnya. Daripada penasaran, yuk baca ulasannya di bawah ini!

Nasi Bekepor

Mirip seperti nasi liwet yang disajikan dengan lauk pauk, sambal, sayuran dan nasi putih, nasi bekepor menjadi kuliner populer di Kalimantan Timur karena dapat kamu temui di warung-warung nasi di sana. Disebut-sebut sebagai kuliner warisan dari Kerajaan Kutai Kartanegara, nasi bekepor cocok untuk dimakan sebagai menu sarapan maupun makan siang, lho. Untuk cita rasanya, kamu akan merasakan sensasi gurih karena pada proses memasaknya, beras dicampurkan dengan minyak sayur. Biasanya, nasi bekepor dihidangkan dengan sambal raja, yang merupakan campuran enam macam sambal yang disatukan. Dahulunya, sambal raja juga merupakan hidangan yang hanya boleh dinikmati oleh keluarga raja, lho.

Nasi bekepor khas Kalimantan Timur. (sumber: food.detik.com)

Gence Haruan

Ada hidangan yang bakal bikin kamu bener-bener ketagihan di Kalimantan Timur, salah satunya adalah gence haruan ini. Merupakan menu lauk yang terbuat dari bahan utama ikan haruan atau ikan gabus, gence haruan menggunakan bumbu rempah-rempah khas Indonesia. Cara memasaknya, ikan haruan atau gabus akan dilumuri oleh bumbu yang sudah disiapkan lalu kemudian didiamkan selamar beberapa menit dan kemudian dibakar bolak-balik hingga matang. Cita rasa manis, pedas dan gurih akan tercampur dengan sempurna saat menyantap hidangan satu ini. So, kalau ke Kalimantan Timur, jangan lupa dicobain yaa!

Gencer haruan khas Kalimantan Timur. (sumber: kaltim.tribunnews.com)

Bubur pedas

Merupakan makanan khas dari suku Melayu Sambas, bubur pedas biasanya disajikan untuk keluarga kerajaan. Makanan ini dinamakan bubur pedas bukan karena menggunakan cabe yang melimpah, namun karena aroma yang dimiliki oleh kuliner ini sangat kuat. Pada proses memasaknya, bubur pedas dimasak dengan mencampurkan beras sangrai dan kelapa sangrai yang sudah ditumbuk halus dengan berbagai bumbu seperti, lengkuas, cabai, bawang merah dan putih, lada hitam, serai, jinten, ketumbar, kunyit, adas, daun salam, dan aneka sayuran. Tertarik untuk nyobain?

Bubur pedas khas Kalimantan Timur. (sumber: indonesia.go.id)

Sate Payau

Kuliner satu ini bisa disebut sebagai kuliner langka, karena tidak bisa ditemukan di sembarang tempat dan setiap waktu. Sama seperti sate pada umumnya, sate payau juga memiliki tampilan berupa daging yang ditusuk dengan bambu lalu kemudian diguyur dengan kuah kacang. Lalu mengapa kuliner satu ini bisa dikatakan langka? Yap, sate payau hanya bisa ditemukan saat festival-festival maupun upacara adat saja. Disamping itu, ternyata sate payau tidak menggunakan daging biasa, melainkan daging rusa. Dalam bahasa bahasa setempat, payau berarti rusa, maka sate payau juga berarti sate rusa. Soal rasa dan tekstur, daging rusa sedikit lebih unik dibanding daging sapi biasa. Daripada penasaran, langsung cobain aja yuk!

Sate payau khas Kalimantan Timur. (sumber: merdeka.com)

Gangan Karuh Banjar

Gangan karuh Banjar atau sayur keladi yang dimasak bersama isian ikan ini, wajib kamu cobain ketika berada di daerah Kalimantan Timur, lho. Menjadi salah satu makanan khas di Kalimantan juga, gangan karuh Banjar berisi ikan gabus segar ataupun bisa juga menggunakan ikan asin sebagai isian. Dimakan bareng nasi hangat, cita rasanya bakal makin terasa nikmat! Tertarik buat cobain, kan?

Gangan karuh banjar. (sumber: kaltim.prokal.co)

Jadi gimana, Jeneholic? Sudah tau kan apa aja kuliner yang wajib kamu cobain ketika berada di Kalimantan Timur? Jangan sampai nggak nyobain, ya! (*)

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Artikel Lainnya

Leave a Comment